Friday, September 12, 2008

Yakuza Moon

Yakuza Moon, novel yang baru aja slese gw baca. Memoar dari seorang putri yakuza Jepang (ya iya lah, masa’ ada yakuza Jerman?), tentang kerasnya hidup dia. Gimana dia terjerumus ke kenakalan remaja, seks bebas, narkoba, utang, kehilangan orang tuanya..

Novelnya sih simpel, ditulis langsung ama pelakunya sendiri, Shoko Tendo. Bahasanya sederhana. Bahkan cenderung datar. Apalagi di awal2nya. Entah karena ini novel terjemahan atau emang gaya bahasa Tendo-san yang emang gitu. Bagi gw sih agak lemah di dramatisasi. Yang bikin menarik ya karena jalan hidupnya emang menarik, ga biasa, beda dari orang kebanyakan. Jadi mo ditulis dengan gaya bahasa gimana pun, ga terlalu membosankan.

Gw mulai tersentuh pas dia mulai memutuskan untuk balik ke jalan yang benar. Dia ninggalin narkoba, pacarnya yang hobi mukul, kebiasaan memberontaknya. Jelas itu ga mudah. Dia anak yakuza. Yakuza dibenci masyarakat non yakuza. Saking beratnya beban hidup, dia pernah mencoba bunuh diri. Saat dia berhasil diselamatkan, dia sadar hal yang paling menyakitkan adalah kenyataan bahwa dia telah membuat sedih orang lain, yaitu keluarganya. Dia mulai ngedeketin diri lagi ke orang tuanya, yang sempet dia bikin kecewa. Dan saat orang tuanya meninggal, satu per satu kenangan masa kecil dia mulai berkelebat. Tentang pohon sakura kesayangannya, ikan2 koi-nya yang selalu dia beri makan, ibunya yang selalu mengawasinya dengan sabar, ayahnya yang walaupun keras tapi sangat sayang ama dia.

Sedikit memakai istilah Josei Seven, media pers Jepang, buku ini tentang sosok seseorang yang pernah masuk neraka, kemudian memutuskan untuk kembali.

3 comments:

YEAH said...

PERTAMAX!
kykna bagus, cmn belon sempet baca2 novel :P masi banyak novel yg nganggur d rumah

YEAH said...

loh, koq yeah? :-/

miracle said...

setujuuuuuuuuuuuuuuuu